Halo sahabat setia blog Berbagi Ilmu J Hari ini saya akan berbagi pengalaman berkendara dengan Honda Vario 125 ESP. Sebelumnya, saya akan bercerita sedikit tentang HONDA. Merek dagang motor HONDA dinaungi oleh PT Astra Honda Motor (AHM). PT Astra Honda Motor (AHM) merupakan sinergi keunggulan teknologi dan jaringan pemasaran di Indonesia, sebuah pengembangan kerja sama antara Honda Motor Company Limited, Jepang, dan PT Astra International Tbk, Indonesia. Keunggulan teknologi Honda Motor diakui di seluruh dunia dan telah dibuktikan dalam berbagai kesempatan, baik di jalan raya maupun di lintasan balap. Honda pun mengembangkan teknologi yang mampu menjawab kebutuhan pelanggan yaitu mesin "bandel" dan irit bahan bakar, sehingga menjadikannya sebagai pelopor kendaraan roda dua yang ekonomis.


            Nah, sahabat sudah tau kan siapa yang menaungi merek dagang motor Honda? J Sekarang waktunya saya memberikan pengalaman saya berkendara dengan motor Honda Vario 125 ESP. Saya tipe orang yang senang berkendara baik itu jarak jauh atau dekat karena lebih hemat dan saya bisa berhenti sesuai dengan keinginan saya. Sejak awal berkendara dengan kendaraan pribadi di tahun 2010, saya menggunakan Honda Revo 110cc. Selama 4 tahun (2010-2014), saya berkendara ke berbagai tujuan diantaranya, Surabaya, Kediri, Tulungagung, Malang, Blitar, Probolinggo, Pasuruan, dan Lumajang. Mesin motor Honda bandel dan irit bahan bakar memang teruji dengan hasil baik J

            Di tahun 2014, saya beralih ke motor matic Honda. Sebelum saya menentukan pilihan, saya melakukan diskusi dengan marketing Honda untuk menggali lebih dalam mengenai spesifikasi motor matic yang sesuai dengan kebutuhan saya. Saya membutuhkan motor matic yang tidak berisik saat starter, irit, bandel, bagasi luas, lincah, desain agresif, dan mampu digunakan dalam perjalanan jauh maupun dekat. Setelah mendengar kebutuhn saya, saya pun dianjurkan untuk memilih Honda Vario 125 ESP. Saat di dealer, saya mencoba motor tersebut dan hasilnya memang cocok dengan saya terutama starter yang tidak berisik. Starter tidak berisik karena telah disematkan teknologi ACG Starter yang menggabungkan generator dan starter untuk menghasilkan suara lebih halus saat menghidupkan mesin.

           
Setelah  motor resmi di tangan saya dan STNK sudah ada. Saya langsung menggunakan motor tersebut untuk perjalanan dari Kabupaten Lumajang menuju Kabupaten Malang dan sebaliknya. Waktu tempuh 2 (dua) kota tersebut adalah 3 (tiga) jam sekali jalan. Rute keberangkatan melewati Kabupaten Probolinggo dan Kabupaten Pasuruan dengan medan yang mayoritas jalan lurus dan sedikit tanjakan maupun kelokan. Sedangkan rute kepulangan melewati Kecamatan Dampit dan Kecamatan Pronojiwo dengan medan naik turun gunung dan berkelok-kelok.

            Selama perjalanan saya hanya mengisi 1 (satu) kali bahan bakar Pertamax dan ada sisa sesampainya di tujuan. Kecepatan rata-rata berkisar 70-80 km/jam. Saya menilai motor tersebut irit karena motor tersebut menggunakan teknologi FI (Fuel Injection) dimana teknologi tersebut yang mengatur pasokan bahan bakar dan udara untuk hasilkan pembakaran sempurna sehingga lebih irit. Selain itu, teknologi Combi Brake juga tersemat di motor tersebut sehingga memudahkan keseimbangan pengereman roda belakang dan roda depan, lebih praktis dan hasil optimal serta tidak membuat pengendara mudah terjatuh jika mengerem mendadak. Di saat saya berhenti di lampu merah yang cukup lama, mesin motor mati setelah 3 detik berhenti. Hal ini terjadi karena adanya teknologi ISS (Idling Stop System) yang otomatis mematikan mesin saat berhenti lebih dari 3 detik. Saya pun kagum dengan Honda Smart Technology yang telah disematkan pada motor saya karena saat berkendara malam, led headlight disematkan di motor tersebut sehingga lebih nyaman dalam berkendara dengan pencahayaan yang lebih terang.

            Kelebihan motor Honda tidak hanya itu saja. Motor terasa ringan dan stabil saat melaju sehingga pengendara dapat dengan mudah menguasai motornya. Shockbreaker bekerja dengan baik terutama saat motor melewati jalan bergelombang sehingga meminimalisir goncangan. Penggunaan ban tubeless membuat motor terasa nyaman dan empuk sehingga tidak membuat pengendara cepat lelah.

            Sekian sepenggal pengalaman saya dengan Honda Vario 125 ESP. Semoga dapat memberikan manfaat buat anda semua. Salam hangat untuk anda J


2 Komentar:

  1. wah keren ulasannya mengenai motor honda esp baru dari honda ini :)

    ReplyDelete

 
PENKISS.ID © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top